Jumat, 08 Oktober 2010

Struktur Sistem Informasi Manajemen

Struktur Sistem Informasi Manajemen
1. Pendahuluan
Pada dasarnya struktur system informasi dibagi menjadi dua macam, yaitu system yang terstruktur (formal) dan system yang tidak terstruktur (non formal). Sistem terstruktur (formal) adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma atau aturan organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Sistem tidak tersturktur (nonformal) adalah sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan
2. Tinjauan Pustaka
Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu formal dan nonformal. (Gordon ,1999)
3. Pembahasan
Sistem informasi manajemen berusaha untuk menggabungkan antara sistem formal dan non formal dengan bertumpu pada norma atau aturan organisasi dalam mendukung kegiatan organisasi. Dengan demikian diharapkan sistem formal dapat menjadi subsistem terutama keberhasilan organisasi bukan hanya perorangan tetapi hasil kerjasama seluruh organisasi.

Struktur SIM berdasarkan kegiatan manajemen :
Kegiatan perencanaan dan pengendalian manajemen dibagi atas tiga macam yaitu:
·         Pengendalian Operasional adalah proses penempatan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien.
·         Pengendalian Manajemen diperlukan oleh berbagai manajer bagian, pusat laba dan sebagainya untuk mengukur prestasi, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk ditetapkan personalian operasional dan mengalokasikan sumber daya.
·         Perencanaan Strategi mengembangkan strategi sebagai sarana suatu organisasi untuk mencapai tujuannya.


Struktur SIM berdasarkan fungsi Organisasi :
Setiap informasi dapat dianggap sebagai kumpulan subsistem yang didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan dalam organisasi. subsistem-subsistem yang umum adalah sebagai fungsi-fungsi utama suatu organisasi dalam pemasaran, produk, logistik, personalia, keuangan dan akuntansi. Setiap fungsi akan melakukan kegiatan sebagai subsistem informasi untuk mendukung pengendalian operasional, pengendalian manajemen dan pengendalian strategi.

Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik :
·         Struktur Konseptual:
suatu gabungan subsistem fungsional yang masing-masing dibagi dalam empat macam pengolahan informasi.
·         Struktur Fisik:
untuk subsistem fungsional yang terpisah ditambah suatu pangkalan data, beberapa aplikasi umum, dan satu model dasar analisa umum dan model keputusan
4. Penutup
·         Suatu sistem informasi dapat terbentuk dan menjadikan informasi sebagai sumber pengambil keputusan melalui alur dan struktur sistem informasi. Sebuah Struktur sistem informasi akan memudahkan atau membuat pekerjaan kita lebih tertata dan teorganisir, dalam artian kita hanya mengikuti strukturnya saja. Sebagai contoh,dalam struktur pengendalian manajemen setiap manajer mempunyai tugas-tugas atau bagian-bagian pekerjaan tersendiri yang dilakukan seperti ada merumuskan aturan keputusan baru untuk ditetapkan personalian operasional dan mengalokasikan sumber daya, ada yang memutuskan tindakan pengendalian. Hal ini dilakukan agar pekerjaan lebih teorganisir dan dapat berjalan efektif. Struktur sistem informasi menggabungkan antara system formal dan non formal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar